Monday 11 January 2016



Kembali berkutat di Liga Blogger Indonesia.


Sepertinya tahun kemarin di awal kompetisi LBI 2015 juga mengangkat tema yang sama yakni Tren Blogger Indonesia untuk setahun ke depan. Banyak yang menjelaskan beberapa tren untuk tahun 2015, namun entah prediksi tersebut benar-benar terjadi atau hanya terealisasi hanya untuk dirinya atau sebagian kecil blogger di Indonesia khususnya. Tetapi tidak menjadi masalah trend yang berjalan pada tahun kemarin benar-benar terjadi dan menjadi tren atau tidak, yang penting tetap keep happy blogging dan terus kontinyu untuk menulis. Paling tidak dari tahun kemarin ke tahun ini--2016--terdapat peningkatan kualitas dalam menulis dan tulisan, kualitas konten maupun konsistensi dan kontinuitas dalam menulis di blog.

Saya pribadi pada awal tahun 2015 kemarin menulis beberapa point tentang hal yang bakalan menjadi trend para blogger di tahun 2015 yang saya klasifikasikan menjadi 3 niche / tema secara garis besar, antara lain; (1) Blog Pribadi, (2) Blog Traveler ,dan (3) Blog Informasi, Selengkapnya di sini.

Nah untuk tahun 2016 saya ingin melihat dari 2 aspek postingan para blogger di blog mereka. Pertama, aspek intensitas blogger menulis tema dalam blog mereka. Kedua, Aspek bentuk atau ragam tulisan dalam suatu blog.

Untuk aspek pertama, intensitas blogger menulis tema dalam blog saya mengambil sample beberapa tulisan yang ditulis para blogger yang mereka share lewat salah satu akun media sosial yang fokus pada komunitas blogger di Indonesia, saya mengambil sample dari twitter Warung Blogger.  Mengapa saya memilih akun tersebut sebagai sample dalam membaca tren Blogger Indonesia tahun 2016. Pertama, Akun tersebut sudah memiliki puluhan ribu follower yang sekarang—11 Januari 2015—mencapai  13,5 ribu. Kedua, Pengikut dari akun tersebut mayoritas adalah blogger dan dapat kita lihat postingan blog terbaru yang mentautkan ke akun tersebut setiap harinya berjumlah puluhan postingan. Dalam 24 Jam terakhir ini—dihitung dari pukul 09.00 pagi mundur tanggal 11 Januari 2014—saja  terdapat kurang lebih 45 postingan terbaru dari para blogger yang di retweet oleh akun tersebut (Bisa dilihar di Sini).  Belum kalau kita kalikan dalam waktu satu bulan. Maka dari itu kiranya bisa dijadikan pertimbahan dari sample yang akan saya ambil dalam ‘memprediksi’ tren blogger Indonesia 2016. Di sini saya akan melihat beberapa postingan para blogger beberapa hari terakhir di awal bulan januari ini.   

Dari beberapa postingan terbaru para blogger kiranya masih berkutat dari salah 3 tema yang saya tulis awal tahun 2015. Namun nampaknya hanya 2 diantara 3 point besar yang mendominasi dari beberapa postingan para blogger di awal tahun 2016 yakni Blog yang bertemakan informasi—tentang tips-tips tertetu, informasi barang elektronik, gadget, book review dll—dan blog pribadi seperti cacatan pribadi, cerpen, curhat dan pengalaman-pengalaman menarik. Di samping itu juga ada beberapa yang menulis tentang perjalanan berwisata.
dalam satu hari saja puluhan bahkan ratusan postingan baru dari para blogger

Kemudian dari aspek ragam penulisan dalam blog. Saya mencoba melihat beberapa blog—kecuali blog pribadi saya ini :), karena saya akui blog saya ini termasuk blog yang campur aduk, meski lebih mendominasi catatan dan cerita pribadi sih—secara  random dari ragam postingan dalam satu blog. Apakah ia konsisten dalam satu niche tertentu ataukah campuran.  

Saya mencoba melihat beberapa blog yang belum saya kenal siapa penulisnya yang dia tautkan postingannya di Warung Blogger, antara lain:
Dari Segi kontennya dia menulis apa adanya yang ingin dia tulis seperti informasi (tips-tips, teknologi dll), puisi dan pengalaman pribadi. 

Pada blog tersebut dia konsisten kepada blog pribadi yang menulis tentang  cerita-cerita dan pengalaman pribadinya

Pada blog ini juga terkesan informatif, misal tentang bagaimana dekorasi ruangan yang baik,  motovasi menulis dll dengan ditambahi tulisan-tulisan mengenai pengalaman dan cerita si pemilik blog.

Pemilik blog ini merupakan blogger yang aktif menulis dilihat dari intensitas tulisannya yang begitu banyak, tapi bukan itu yang saya fokus melihatnya. Dari segi konten tulisan dia menulis banyak hal yang informatif, seperti review tentang makanan, produk dll., tips-tips dan juga disisipi dengan postingan tentang cerita pribadi

Penulis merupakan blogger yang tergolong baru menulis di blog ini. Karena postingannya baru dimulai pada tahun 2016. Namun sudah banyak tulisan yang ia tulis dan ia konsisten menulis tentang “Book Review”  satu hal yang bisa kita ambil dari ia. Sebuah Header blog yang bertuliskan “because for me, the best way to appreciate a book is by reading and reviewing it...” Sukses ya

Pada salah satu postingan blog ini, si penulis sudah menulis mengenai genre yang ada dalam tulisan blog tersebut yang intinya nulis bebas ala anak kuliah, tetapi blog ini dari aspek postingannya, banyak postingan yang informatif di samping itu juga terdapat beberapa yang termasuk tulisan-tulisan pribadi yang ia tulis judulnya dengan hashtag “#BloggerCurhat”.
Penulis pada blog tersebut di postingan-postingan pada beberapa bulan terakhir lebih menuju ke arah konsistensi pada postingan tentang perjalanan-perjalanan berwisata, meskipun di awal masih ada tulisan tulisan pribadi seperti curhat dll. 

Blog ini dari segi konten jenis postingannya lebih dominan ke blog yang berisikan informasi-informasi baik berita, info tentang media elektonik,gadget dll. 

Blog ini termasuk baru, blog ini pertama ditulis pada bulan Desember 2015 dengan total postingan sampai sekarang 4 postingan, dan kontennya lebih condong ke catatan pribadi, seperti berbagi cerita tertentu dan juga puisi.

beberapa blog yang saya pilih secara random

Dari beberapa blog yang saya pilih secara random di atas tampaknya  dari aspek ragam penulisan dalam blog masih didominasi dengan blog campuran (informatif, cacatan pribadi, dll.) meskipun ada beberapa yang konsisten pada tulisannya seperti pada point no. 5 dan 8.
Dari beberapa sample di atas paling tidak dari intensitas postingan di awal tahun ini dan beberapa ragam penulisan para blogger dapat mengindikasikan bagaimana tren ke depan yang akan diusung oleh masing-masing blogger.
Berikut hasil pandangan saya tentang tren blogger Indonesia tahun 2016

Lalu bagaimana menurut anda tentang Trend Blogger Indonesia tahun 2016? 

(Tulis di Kolom Komentar)

Salam

Adibriza

64 comments:

  1. Bener banget, yang penting tetap keep happy blogging, hihihi. semangat, hidup semangat! eh, hidup blogging gitu kali ya? :)

    ReplyDelete
  2. Yah, saya juga demikian setidaknya di tahun ini, mudah-mudahan tulisan saya bisa meningkat dr tahun sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin,,, semoga terealisasi, begitu juga saya (h)

      Delete
  3. menurut saya sih ngeblog itu harus sesuai passion atau kesukaan masing-masing tidak bisa dipaksakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan saya setuju banget... passion dan tidak bisa dipaksakan harus suka ini itu. :)

      Delete
  4. ya tahun lalu mengangkat trend blogger juga, namun kali ini saya bingung mau nulis apa hehe.....menurut saya tren berikunya adalah teknologi si.....

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. bukan pengamat sih, membaca realitas dan fakta lapangan aja :P :P

      Delete
  6. Waw,, pak ketua kost atas ikut Liga (h) (h) (h)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha,, cah asrama kaligrafi 'toha putra tri dharma raya' dilarang ikut nimbrung di sini :))

      Delete
  7. Bener kata mba Witri, pengamat blogger ini mah hehe. Diteliti satu-satu :) Mau apa pun tren nya yang penting tetep konsisten posting di blog *ngomong apa aku ini hehe

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe konsisten itu perlu, al-istiqamah 'alamatul barokah

      Delete
  8. Blogger semakin rame, semakin harus menguras tenaga dan keringat agar blog tetap eksis

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibawa sellow juga gakpapa mas liu... :D enjoy aja :P

      Delete
  9. Link link blog enntuh, layak dikunjungi. ntar ku cicil lah.... @rizalarz

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan ternyata ada salah satu dari link blognya termasuk peserta LBI 2016 dan saya baru ngeh pas mantengin postingan terakhirnya yang muncul habis postingan ini dibuat :D :D

      Delete
  10. blog gado-gado masih tetep jadi pilihan ya mas. saya termasuk yang optimis blog gado-gado akan makin eksis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yey tosss.. gado-gado, hidup gado-gado dan saya juga suka gado-gado #Laper =p~

      Delete
  11. blog gado-gado masih tetep jadi pilihan ya mas. saya termasuk yang optimis blog gado-gado akan makin eksis.

    @diahdwiarti

    ReplyDelete
  12. wah, reviewnya keren ini, satu satu blog diobrolin dan dikasih tau apa yang menjadi keunikan dari blog mereka (h)

    ReplyDelete
  13. Tren blog yang lebih fokus, seperti travel blogger, beauty blogger atau food blogger bakalan hits di tahun 2016 menurut saya tapi saya aja blog nya masih campuran, home hiks @rin_mizsipoel

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya juga begitu mbak rin :)
      Toss blog campuran :D

      Delete
  14. Yeaaay. happy Blogging,, Dunia Blogger semakin ramai,, semoga bisa konsisten dan tulisannya semakin apik dan menarik,, (h)

    ReplyDelete
  15. saya masih campur aduk menjadi satu hehehe... yang penting enjoy aja ya kan mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa tulis yang kamu inginkan, jangan minder

      Delete
  16. Saya blm konsesn ke satu bidang, karena ada beberapa hal yg diminati utk do tulis di blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe semangan mbak siti nur jannah. *cahaya surga*

      Delete
  17. Semoga makin banyak blogger blogger baru lahir di tahun 2016 ini ya, Mas. Saya termasuk salah satu blogger yang baru lahir (kembali). Coba blog saya ada di contoh hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe injih,,, wah yang dicontoh itu saya random sampling kok :D

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Yang blognya Nuniekkr blogspot itu tukang nyepam, postingannya juga random. Maklum IRT labil =)) =)) =)) =))

    blognya kufollow ya kang..

    @onlykharisma

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus kok blognya... wkwkwk,, blog saya ini juga sama kok gado-gado mbak..

      hehe btw saya baru nggeh kalo yang ditulis ternyata ada yang peserta LBI2016 juga,, padahal milihnya random hehehe :) :) :)

      monggo loh mbak gpp

      Delete
  20. Pada dasarnya nge-BLOG harus sesuai passion agar tetap terjaga dan tidak ditinggalkan karena merasa tidak ada ide nulis. Hanya saja advertising dan perusahaan yang sedang berkembang pun membutuhkan media promosi yang sesuai...
    Tetapi bagi saya, apapun niche-nya kalau sudah rezeki gak bakal kemana...
    Fokus - Tekun - Kembangkan Diri

    @amma_chemist

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sesuai passion, orientasi nge-BLOG juga beragam dan itu yang menjadikan indah di dunia perbloggeran.

      Setuju sekali rejeki ga bakal kemana, asal kita ada usaha insyaAllah dapat.

      Delete
  21. Kalau saya sih, ya.. Mau tips, review atau apapun tetep aja nulisnya berasa kayak curhat gitu... Nggak kelihatan profesional blass :(

    Tapi biarpun gitu harus tetap semangat, Kakak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe mbak Ellisa,, gapapa mbak aku juga gitu kok. Malah justru itu jadi point tersendiri yang bisa dijadikan karakter menulis seorang blogger yang jutru membuat unik dari sampean, dan membedakan sampean dengan yang lain hehe. *berasa jadi motivator 8-)

      Semangat hehe

      Delete
  22. dunia blogger semakin ngehits ya :D
    paling setuju sama ngeblog harus tetep sesuai passion
    @aleksdejavu

    ReplyDelete
  23. Salam silaturahmi bro, kalau saya 2016 ini masih bertahan satu hati yaitu petsonal blogger bin gado gado :)

    ReplyDelete
  24. Blog saya campur aduk juga, hehe. Prediksi yang menarik.

    Salam santun @KMubarokah
    LBI Grup B

    BW balik ya : http://kaylamubara.blogspot.co.id/2016/01/penulis-melek-blog-ramalan-trend.html

    ReplyDelete
  25. blog saya gado2. susah kalo fokus di satu bidang aja, travel blogger tetap jadi tren tahun ini.
    kunjungi :http://ptbanyakcerita.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  26. ketemu lagi di liga mas bro. :D

    memang sih, tulisan yang terkait dengan tips/trik, cara mengunnakan/memperoleh sesuatu, dan sejenisnya banyak dicari orang dan tidak ada matinya.

    @f_nugroho

    ReplyDelete
  27. Blog Pribadi nomer satu, Mas? ckck emang enaknya punya blog pribadi ya, bisa diisi apa aja tanpa pusing mikirin niche hehe

    ReplyDelete
  28. Ngohahaha. Apapun trendnya, yang penting ngeblog jalan terus ya. suka-suka pemilik blognya :>) :>) :>)


    @khoirinaannisa

    ReplyDelete
  29. kalo menurut aku sih yang bakal ngetrend itu niche blog yang udah pake domain TLD hehee...
    terus blogger makin kreatif dengan postingan bergambar dan video
    @chikarein

    ReplyDelete
  30. Gado Gado Blog Otw Invansi Tahun 2016 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D dengan sedikit modifikasi dan inovasi biar greget

      Delete
  31. Tren blogger 2016 ini sptnya bakalan lebih rame dengan review, baik makanan maupun produk lainnya.
    Tapi kalau saya masih setia utk posting sesuai hati, lebih flexible dgn sikon dan kemampuan menulis. #sadar gak pinter bikin review

    Dan...salam jumpa lagi di LBI 2016
    @ririekayan

    ReplyDelete
  32. Saya sedang berkutat dan ikut-ikutan lomba menulis di blog. Kita tahu bahwa tren menulis artikel untuk diikutkan dalam kontes itu sudah populer di kalangan blogger. Salam kenal dari narablog Aceh :)

    ReplyDelete

terimakasih ^_^