Tuesday 29 March 2016

Sudah 12 pekan LBI berjalan, dan ini merupakan pekan terakhir LBI 2016 dengan mengangkat tema tentang sisi personal. Karena banyak blogger yang eksis pun kadang menyerah di tengah jalan, seperti yang terjadi pada beberapa peserta LBI. Tema yang diangkat yakni  "Alasan Saya Ngeblog Pertama Kali"
Berbicara tentang alasan ngeblog seseorang, tentunya jawaban yang didapatkan adalah sesuatu yang bersifat subjektif dari blogger itu sendiri, nah di sini saya mengklasifikasikan tulisan ini menjadi dua.

1. Alasan saya pertama kali ngeblog
Bulan agustus 2010 di Bojonegoro (tempat tinggal kakak), saat itu masih awal-awal saya memiliki laptop. Namun masih tergolong ‘gagap’ terhadap teknologi termasuk internet. Namun tidak bagi kakak ipar saya yang sudah mengenal komputer sejak ia masih kecil, makanya tak heran jika ia mahir dalam bidang teknologi dan komputer, bah kan saat itu jaringan internet di rumahnya sudah ada dan lumayan cepat, sedang saya modem saja belum punya. Nah dari situ saya ditawari untuk membuat blog dengan berbagai alasan misalnya bisa mengasah kemampuan menulismu, banyak orang sukses karena ngeblog, dari blog bisa menghasilkan uang dan lain-lain. Dari situ saya mencoba membuat blog dan menulis blog. Nah dari sini tampak alasan saya pertama kali ngeblog adalah karena di suruh dan saya punya kemauan untuk itu.

2. Alasan saya ngeblog pertama kali

Nah di saat ditanya “apa alasan anda ngeblog?” maka jawaban petama kali saya untuk itu adalah untuk belajar menulis, tentunya belajar butuh konsistensi, dengan adanya konsistensi kemampuan untuk itu akan terus berkembang. Dan ini sangat tampak dari hari ke hari, tahun ke tahun bagaimana corak penulisan saya yang semakin berkembang dan berbeda dari sebelum-sebelumnya. Kadang saya tertawa sendiri membaca tulisan-tulisan saya yang dulu, mulai dari bahasanya, susunan katanya dan lain-lain. Bah kan beberapa sudah banyak yang saya hapus karena ke’alay’annya sudah terlalu. Tapi ya begitulah proses.


Tentunya ada alasan lainnya. Tapi hanya itu yang bisa saya sampaikan berkaitan dengan alasan ngeblog pertama. Sedangkan yang kedua, ketiga, keempat dan seterusnya akan panjang lebar bila dipaparkan. Sepertinya saya juga pernah menulis dengan tema yang sama jauh hari meskipun secara implisit. 

in frame: Keponakan saya yang belajar menulis. dokumen pribadi

Adibriza

31 comments:

  1. oh buat belajar nulis
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. beda yaaa, alasan pertama kali ngeblog sama alasan ngeblog pertama kali.. hehe

    @witri_nduz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga berusaha mencerna perbedaan kedua kalimat tersebut.

      Delete
  3. jadi rumusnya kayak anak belajar sholat ya. dibiasakan lalu terbiasa.

    ReplyDelete
  4. Alasan pertama umumnya dari kondisi eksternal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,, dari kondisi eksternal lama-lama kita sadar jadi dari internalpun muncul tujuan utama

      Delete
  5. aku nyoba bikin blog tahun 2009 baru tau internet aja... dulu kalo ada yang mampir koment seneng banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya,,, aku 2009 buat hanya untuk tugas kuliah aja, bahkan lupa alamatnya. :D

      Delete
  6. Untuk poin kedua alasan kita sama, saya ngeblog juga biar konsisten menulis serta sekian alasan lainnya. Salam kenal Mas Adib, mampir juga ke blog saya :)

    ReplyDelete
  7. typo di bah kan. oh alasan 1 adalah konsistensi
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Wah,msh ingat mulai awal ngeblognya. Sjk 2010 berarti beda setahun denganku. Tp hitungannya ttp lbh duluan dirimu dr segi usia mulai ngeblognya.

    @ririekayan

    ReplyDelete
  9. awal ngeblog pengen tahu penasaran,, n pengen dapat uang dari blog itu gimana,, ternyata prosesnya panjang.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. panjang banget mas prosesnya. sampai saat ini untuk ke arah dapat uang aja masih susah, tapi bukan karena itu sih alasan saya sekarang ngeblog, pindah haluan. :D

      Delete
  10. wah.. ini keponakannya sama kayak keponakanku. kalau aku pulang kampung suka minta idupin laptop, trus dia nulis-nulis sendiri deh disitu.

    @Penovediah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dia sekarang on prosses belajar nulis novel mbak. Hobby baca sejak kecil.

      Delete
  11. Wah sama, saya juga kadang ngerasa lucu baca tulisan sendiri haha... ;-)
    Tetep semangat dengan blog ini.
    @ge1212y

    ReplyDelete
  12. hehe itu gimana maksudnya sih mas "Alasan ngeblog pertama kali" sama "Alasan pertama kali ngblog" ga mudeng uy.

    iyaa, ada beberapa kesalahan penulisan 'bahkan'.

    Kalau si mas d irumah kakak pertama "menulis" saya beberapa tahun yang banyak, di rumah kakak itu pertama kali "membaca novel"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe saya coba menjawabnya yg pertama, alasan pertama kali ngeblog ini tentunya berhubungan dengan historisitas awal pertama kita ngeblog. Nah tentunya ada yg melatar belakangi kita kenapa menulis sebuah blog.
      Ke dua. Alasan Ngeblog pertama kali, tentunya ada semakin lama kita ngeblog kita semakin tau kemana arah tujuan kita nulis di blog. Sehingga banyak alasan yg buat kita tetep nulis di blog, nah ada alasan pertama kedua dst. Nah yg di nomor wahid kan itu yg menjadi alasan ngeblog pertama kali.

      Oh iya typo nya akan segera diperbaiki. Terima kasih ya..

      Hehehe ada cerita tersendiri juga ya di rumah kakak masing-masing mas bro.. Hehe

      Delete
  13. Iya sih kadang kalau dibaca ulang itu tulisan yang dulu-dulu suka ngerasa lucu sendiri. Tapi kalau aku sih nggak di hapus. dibiarkan saja, itung-itung sebuah proses.

    @gemaulani

    ReplyDelete
  14. buat lihat corak penulisan ini nih..sama juga... dilihat2 tulisan dulu bikin mesem2

    ReplyDelete
  15. semoga istiqomah ngeblog nya sampe tua yah ^_^

    ReplyDelete
  16. Alasan pertama kali ngeblog, bahkan inget lokasi dan waktunya kapan muncul inspirasi alasan ngeblog.

    @ririekayan

    ReplyDelete

terimakasih ^_^