Monday 9 April 2018

10 April merupakan hari jadi kabupaten Nganjuk. Kabupaten Nganjuk pada tahun 2018 ini menginjak ke 1081. Cukup tua ya, bahkan lebih tua dari pada umur dari negara kita Indonesia, karena kabupaten Nganjuk sudah terbentuk jauh sebelum kemerdekaan Indonesia. Nganjuk pada awalnya berdama Anjuk Ladang yang berarti tanah kemenangan terbentuk pada tahun 859 Tahun Caka atau 937 Masehi. 
Selain itu Nganjuk juga dikenal sebagai Kota Angin atau Kota Bayu, Bayu bahasa sansekerta yang juga berarti angin. Nganjuk disebut kota angin karena letak geografisnya, bahwa secara geografis Nganjuk berada di lembah antara Gunung Wilis dan Pegunungan kendeng, sehingga Nganjuk selalu dihembuskan angin yang semriwing. Wisata yang paling terkenal dari Nganjuk adalah Air Terjun Sedudo sedangkan wisata kulinernya adalah Nasi Pecel, Nasi Becek, Asem-Asem Kambing (Kec. Ngluyu) dan Dumbleg (Kec. Gondang). Komoditas pertanian Nganjuk yang terkenal adalah Bawang Merah.
Tentu di Tahun 2018 ini tak lupa kami ucapkan Dirgahayu Kabupaten Nganjuk yang ke 1081. Segala doa yang baik untuk Nganjuk akan selalu tercurahkan dari kami masyarakat Nganjuk. Semoga masyarakat Nganjuk semakin makmur dan pemerintahannya bisa bebas dari KKN yang sangat menghambat kemajuan kabupaten Nganjuk.

Dirgahayu Kabupaten Nganjuk ke 1081
Photo by RisosakaPambudi IG

0 comments:

Post a Comment

terimakasih ^_^